Minggu, 13 Juli 2014

SEBAB DAN TATA CARA SUJUD SAHWI



بسم الله الرحمن الرحيم

SUJUD SAHWI
------------------------------------
Oleh : Khoirul Amri Siregar

Pendahuluan

            Pengalaman kita sehari-hari sering mengalami keraguan atau kelupaan dalam shalat, baik sebagai imam maupun shalat sendiri, sedangkan pengetahuan kita tentang cara mengatasi masalah kelupaan ini sangat terbatas. Akhirnya kita tidak dapat mengambil keputusan secara cermat dan benar ketika kita memimpin shalat. Hal ini terjadi disebabkan penjelasan khusus tentang sejud sahwi ini jarang disampaikan secara rinci, sekalipun telah banyak buku-buku terjemahan tentang ini. Begitu juga angggapan kita tentang hukumnya hanya sekedar sunat; boleh dilakukan dan boleh tidak, sehingga kita kurang memperhatikannya. Oleh karena itu kita berusaha menjelaskannya dengan menggunakan makalah yang sederhana ini, agar dapat meningkatkan pengetahuan kita tentang tata cara shalat sedikit demi sedikit untuk menuju kesempurnaan.

Pembahasan

Hal-hal yang akan kita bahas pada sujud sahwi ini adalah sebagai berikut :
  • Hukum sujud sahwi
  • Tempat  sujud sahwi
  • Penyebab sujud sahwi
  • Kaifiyat sujud sahwi
  • Orang yang harus melakukan sujud sahwi
  • Cara mengingatkan imam yang lupa dalam shalatnya.

1. Hukum Sujud Sahwi

            Ulama berbeda pendapat dalam menetapkan hokum sujud sahwi. Imam Syafi’i menyatakan sunat1. Abu Hanifah menyatakan hukumnya adalah fardhu. Sedangkan Imam Malik membedakan antara perbuatan yang kurang dan perbuatan yang lebih. Beliau menyatakan kalau kurang, hukumnya wajib, kalau lebih hukumnya sunat2.

2. Tempat  sujud sahwi

            Syafiiyah berpendapat bahwa sujud sahwi dilakukan sebelum salam secara mutlak, mereka mentarjihkan hadits Abu Said al Khudri yang diriwayatkan oleh Muslim :

888-حَدَّثَنِي محمّد بن أحمد بنِ أبي خَلَف حَدَّثَنَا موسَى بن داود حَدَّثَنَا سُليمان بن بلال عن زَيد بن أسلَم عن عطاء بن يسار عن أبي سعيد الخدري قال : قال رسول الله ص م : إذَا شَكَّ أحَدُكُم في صلاتِه فَلم يدر كم صلّى ثلاثا أم أربعا فلْيَطرَحْ الشَّكّ ولْيَبْنِ على ما استَيقَنَ ثمّ يسجد سجْدَتَينِ قَبل أن يسلِّم فَإن كان صلّى خمسا شَفّعنا له صلاتَه وَإن كان صلّى إتمَامًا لأرْبع كانتا تَرغيمًا للشَّيطان.   حَدَّثَنِي أحمد بنِ عبد الرحمن بن وهب حَدَّثَنِي عمّي عبد الله حَدَّثَنِي داود بن قيس عن زَيد بن أسلَم بهذا الإسناد وفي معناه قال : يسجد سجْدَتَينِ قَبل السلام كما قال سُليمان بن بلال.
Artinya : Apabila seseorang diantara kamu ragu dalam shalatnya lalu dia tidak tahu apakah sudah tiga rak’at atau empat rak’at, hendaklah dia buang keraguan dan dia bangun apa yang diyakininya, kemudian hendaklah sujud dua kali sebelum salam, seandainya shalatnya lima rak’at itu menjadi penggenap, tetapi jika pas empat itu menjadi penghinaan bagi syetan.

Adapun Hanafiyah berpendapat bahwa sujud sahwi itu dilakukan sesudah salam secara mutlak, dan membaca tasyahhud sebelum salam. Mereka mentarjihkan hadits Zulyadain yang diriwayatkan oleh Bukhari dalam hadits nomor :

1152-  حَدَّثَنَا عبد الله بنُ يوسف أخبَرنا مالك بن أنس عن أيّوب بن أبي تميمَة السَّخْتِيَني عن محمّد بن سِيرِين عن أبي هُرَيرة ر ض أنّ رَسولَ الله ص م اِنْصَرَفَ مِن اثْنَتَين فقَال له ذُو اليَدَيْن أقَصُرَتْ الصّلاةُ أمْ نَسِيتَ يَا رَسولَ الله . فَقَال رَسولُ الله ص م أصَدَقَ ذُو اليَدَيْن  فقَال النَّاس نَعَم فَقَام رَسولُ الله ص م فَصَلّى اثْنَتَين أُخْرَيَيْنِ ثمّ سَلَّمَ ثمّ كَبَّرَ فَسَجَدَ مِثْلَ سُجُودِهِ أمْ أطْوَلَ ثمّ رَفَعَ. 

Artinya : Diriwayatkan dari Abu Hurairah Ra bahwa Rasulullah saw berpaling dari shalat setelah dua rak’at, lalu Zulyadain berkata kepada beliau : Apakah shalat diqashar ya Rasulullah? Maka Rasulullah berkata : Apakah Zulyadain ini benar ? Maka orang-orang menjawab : “benar ya rasulullah”. Maka Rasul berdiri dan shalat dua rakat lagi kemudian salam kemudian takbir lalu sujud seperti sujudnya atau lebih panjang, kemudian bangkit.

Sedangkan Malikiyah menyatakan kalau karena  kurang rukun, maka sujud sebelum salam sebagaimana hadits diatas, dan kalau karena lebih, maka sujud dilakukan sesudah salam3 sebagaimana hadits berikut ini :

1153- حَدَّثَنَا حفص بن عُمر حَدَّثَنَا يزيد بن إبراهيم عن محّمد عن أبي هريرة  رض قال النبِيّ ص م إحْدَى صلاَتَي العَشِيّ قالَ محّمد وَأكثَر ظَنِّي العَصْرَ رَكْعَتَين ثمّ سَلَّمَ ثمّ قامَ إلَى خَشَبَةٍ فِي مُقَدَّمِ المَسْجدِ فَوَضَعَ يَدَهُ عَلَيْهَا وَفِيهِم أبو بكر وعمر ر ض فَهَابَا أن يكَلِّمَاه وخَرَجَ سَرَعانُ النَّاس فَقَالُوا أقَصُرَتْ الصّلاةُ ورَجل يَدْعوه النبِيّ ص م ذُو اليَدَيْن فقالَ   أنَسِيتَ أمْ قَصُرَتْ فقال لَمْ أنْسَ وَلَمْ تُقْصَرْ قال بلَى قَدْ نَسِيْتَ فَصَلّى رَكْعَتَين ثمّ سَلَّمَ ثمّ كَبَّرَ فَسَجَدَ مِثْلَ سُجُودِهِ أمْ أطْوَلَ ثمّ رَفَعَ رَأسَه فَكَبّرَ ثمّ َوَضََعَ رَأسَه فَكَبّرَ فَسَجَدَ مِثْلَ سُجُودِهِ أمْ أطْوَلَ ثمّ رَفَعَ رَأسَه وَكَبّرَ

Artinya :  Abu Hurairah Ra berkata : Nabi saw pernah shalat dua rak’at pada salah satu dua rak’at sore (Muhammad berkata : “dugaanku yang paling kuat adalah ashar”) kemudian beiau membaca salam kemudian beliau bangkit menuju sebuah kayu didepan masjid lalu beliau meletakkan tangannya kepadanya, dan diantara mereka itu ada Abu Bakar dan Umar ra, tetapi mereka berdua segan mengatakannya kepada beliau, dan keluarlah beberapa orang dengan cepat dan berkata : Apakah shalat di qoshor? Dan ada seorang laki-laki yang biasa dipanggil oleh nabi dengan panggilan Zulyadain berkata: Apakah anda (Rasulullah, pen) lupa atau shalat diqoshor ? L alu beliau menjawab : Aku tidak lupa dan shalat tidak diqoshor. Ia (Zulyadain) berkata : Benar anda telah lupa. Maka Rasulullah sholat dua rak’at kemudian salam kemudian bertakbir lalu sujud seperti sujudnya atau lebih panjang, kemudian beliau bangkit lalu bertakbir kemudian meletakkan kepalanya lalu bertakbir dan sujud seperti sujudnya atau lebih panjang, kemudian mengangkat kepalanya dan bertakbir.

861-  حَدَّثَنَا عُثمَان بن أبي شَيبة حَدَّثَنَا جرير عن مَنصور عن إبراهيم عن علقَمة قال قال عبد الله صَلَّى رَسولُ الله ص م قال إبراهيم فلا أدْرِي زَاد أم نقَصَ فلَمَّا سَلَّمَ قِيلَ له يَا رَسولَ الله أحَدَثَ فِي الصَّلاَةِ شَيئٌ قَال ومَا ذَاكَ قَالُوا صَلّيْتَ كَذا وكذا فثَنَى رِجْلَه واستَقْبَلَ القِبلَةَ فَسَجَدَ بِهِم سَجْدَتَيْنِ ثمّ سَلَّمَ فلَمّا انْفَتَلَ أقْبَلَ عَلَينَا بِوجْهِهِ ص م فقَالَ إنّه لو حدثَ في الصّلاةِ شيئ أنْبَأْتُكُم بِه ولكن إنّمَا أنَا بَشرٌ أنسَى كَما تنْسوْن فَإذا نَسِيْتُ فّذَكِّرُونِي وقَال إذَا شَكَّ أحَدُكُم في صلاتِه فَلْيَتَحَرَّ الصَّوابَ فَلْيُتِمَّ علَيه ثمّ ليُسَلِّمْ ثمّ لِيَسْجُدْ سَجْدَتَيْنِ  (سنن أبي داود )

Artinya :  Abdullah Ra berkata : Rasulullah saw shalat bersama kami (Ibrahim berkata “aku tidak tahu lebih atau kurang”). Setelah selesai seseorang berkata kepada beliau : Wahai Rasulullah apakah terjadisesuatu  dalam sholat tadi? Beliau menjawab : apa itu ? Mereka berkata : Anda tadi sholat begini dan begini. Maka beliau melipat kakinya dan menghadap qiblat  lalu sujud bersama kami dua kali kemudian salam. Setelah selesai beliau menghadapkan wajahnya kepada kami dan berkata : “Sesungguhnya bila terjadi terjadi sesuatu dalam shalat aku beritakan kepada kalian, tetapi aku hanyalah seorang manusia biasa bias lupa lupa sebagaimana kalian lupa, maka bila aku lupa ingatkanlah aku dan beliau bersabda “apabila seseorang diantara kalian lupa dalam shalatnya maka hendaklah dia berusaha mencari yang benarnya lalu menyempurnakannya kemudian mengucap salam lalu sujud dua kali.
 HR Abu Daud

Sedangkan Ahmad bin Hanbal berpendapat sujud sahwi itu tergantung amalan Rasulullah apakah sebelum atau sesudahnya, dan kalau tidak ada haditsnya dari amalan Rasulullah saw, maka sujud dilakukan sebelum salam4.

3. Perkataan dan perbuatan yang mengharuskan sujud sahwi

  1. Bila mengerjakan sesuatu yang dilarang atau meninggalkan sesuatu yang diperintah (baik rukun maupun sunat muakkadah seperti tasyahhud awal) maka sujud sebelum salam berdasarkan hadits nabi saw.
 حَدَّثَنَا أبو اليمان قال أخْبرنا شُعيب عن الزُّهرِي قال حَدَّثَنِي عبد الرحمن بنُ هرمز مولَى بني المطلِّب وقال مرّة مولَى
ربيعة بن الحارث أنّ عبد الله ابنَ بُحَينة وهو من أزدِ شَنوءَة وهو حلِيف لبني عبد مناف وكان من أصحاب النبي
ص م أنّ النبيّ ص م صلّى بهم الظهرَ فقام في الرّكعتَينِ الأولَيَين لم يجلِسْ فقام النّاس معه حتّى إذا قضى الصلاة
وانتَظر النّاسُ تسلِيمَه كبّر وهو جالِسٌ فسجد سجْدَتَينِ قَبل أن يسلِّم  ثمّ سلّم  - رواه البخاري    

    Abdur Rahman bin Hurmuz berkata : “Sesungguhnya nabi saw pernah shalat zhuhur bersama kami, beliau langsung berdiri pada rakat kedua tanpa duduk (tasyahhud) lalu jamaah berdiri mengikuti beliau hingga setelah selesai shalat, jamaah menunggu salam beliau lalu beliau bertakbir dalam keadaan duduk lalu sujud dua kali sebelum salam kemudian salam (HR Bukhari).
Tetapi jika yang tertinggal itu rukun, maka wajib dikerjakan dan sujud sahwi.

  1. Sebab lupa apakah sudah tida rakaat atau sudah empat, dalam hal seperti ini hendaklah tambah satu rakaat lagi dan sujud sahwi sebelum salam5. Berdasarkan hadits riwayat Muslim diatas (no. 888).

  1. Kurang jumlah rakaat, sujud sahwi dilakukan sesudah salam

673-  حَدَّثَنَا عبد الله بنُ مَسلَمة عن مالك بن أنس  عن أيّوب بن أبي تميمَة السَّخْتِيَني عن محمّد بن سِيرِين عن
أبي هُرَيرة ر ض أنّ رَسولَ الله ص م اِنْصَرَفَ مِن اثْنَتَين فقَال له ذُو اليَدَيْن أقَصُرَتْ الصّلاةُ أمْ نَسِيتَ يَا رَسولَ الله .
 فَقَال رَسولُ الله ص م أصَدَقَ ذُو اليَدَيْن  فقَال النَّاس نَعَم فَقَام رَسولُ الله ص م فَصَلّى اثْنَتَين أُخْرَيَيْنِ ثمّ سَلَّمَ
ثمّ كَبَّرَ فَسَجَدَ مِثْلَ سُجُودِهِ أوْ أطْوَلَ  ( رواه البخاري )
Artinya : Diriwayatkan dari Abu Hurairah Ra bahwa Rasulullah saw berpaling dari shalat setelah dua rak’at, lalu Zulyadain berkata kepada beliau : Apakah shalat diqashar ya Rasulullah? Maka Rasulullah berkata : Apakah Zulyadain ini benar ? Maka orang-orang menjawab : “benar ya rasulullah”. Maka Rasul berdiri dan shalat dua rakat lagi kemudian salam kemudian takbir lalu sujud seperti sujudnya atau lebih panjang, kemudian bangkit.

KESIMPULAN WAKTU SUJUD SAHWI

 No.
Waktu sujud
S e b a b
Dalil Hadits
Perawi
1.
Sebelum salam
1. Lupa tasyahhud awal
2. Ragu jumlah rakaat
    Antara 3 atau 4
1. Abdullah bin Buhainah
2. Abu Said al Khudiri
    No. 888
Bukhari
Muslim

2.
Sesudah salam
1. Lebih rakaat
2. Kurang rakaat
3. Kurang rakaat
1. Abdullah no. 861
2. Zulyadain no. 1152
3. Zulyadain no. 673
Abu Daud
Bukhari
Bukhari

4. Yang melakukan sujud sahwi
      Yang melakukan sujud sahwi adalah orang shalat munfarid (sendirian) dan imam beserta makmumnya termasuk yang masbuq.

5. Cara mengingatkan imam yang terlupa dalam shalat
Makmum laki-laki membaca “subhanallah” , sedangkan perempuan menepuk tangan (tashfiq) berdasarkan sebuah hadits yang kuat dari rasulullah saw. 6

قال عليه الصلاة والسلام : مالي أرَاكم أكْثَرْتُمْ مِنَ التَّصْفِيْقِ مَنْ نَابَهُ شَيئٌ فِي صلاَتِهِ فَلْيُسَبِّحْ فَإنَّهُ إذَا سَبَّح اُلْتُفِتَ إلَيْهِ وَإنّمَا التَّصْفِيْقُ للِنِّسَاء

Artinya : Bersabda Rasulullah saw : Mengapa aku lihat kamu banyak melakukan tepuk tangan, barang siapa yang merasa geram akan sesuatu (merasa ada yang salah) maka hendaklah dia membaca Subhanallah, karena bila ia bertasbih maka dia akan diperhatikan, dan sesungguhnya tashfiq (tepuk tangan) itu adalah untuk wanita.

6. Cara Sujud Sahwi
A. Sujud dilakukan dua kali seperti cara sujud dalam shalat. Ibnu ar Rif’ah (seorang Syafi’iyah ) mengatakan : “kalau sekali saja bathal shalatnya”
B. Bertakbir setiap hendak sujud dan hendak bangkit.
C. Membaca salam sesudah sujud sahwi, sekalipun dilakukan sesudah salam (shalat).
D. Duduk iftirasy pada duduk pertama dan duduk tawarruk pada duduk yang kedua (sebelum salam)7
E. Bacaan pada sujud sahwi ada 3 pendapat :
     a. Al Azro’i berpendapat bahwa tidak ada zikir pada sujud sahwi.
     b. Al Zamakhsyari berkata : “salah satu qaul syafi’i berpendapat bahwa bacaan pada sujud
         sahwi seperti bacaan pada sujud biasa.
     c. Sebahagian mereka (Syafi’iyah) berkata bahwa bacaan pada keduanya adalah :
         سُبْحَانَ مَنْ لاَّ يَنَامُ وَلاَ يَسْهُو
       Artinya  : Maha suci (Allah) yang tidak tidur dan tidak lupa8
      Namun penulis tidak mendapatkan dalilnya dari Hadits

Demikianlah makalah ini kami sampaikan mudah-mudahan dapat memberi manfaat bagi peserta sebagai bahan kajian dan diskusi pada hari ini.

                                                            Pesantren Kwala Madu, 1 Maret 2009



                        Khoirul Amri Siregar

Sumber bacaan :
  • Syaikh Abu Bakar Jabir Al Jaza’iri , Minhajul Muslim, Darul Haq, Jakarta
  • Khatib Syarbaini, Mughnil Muhtaj, Juz I, Dar el Fikri, Beirut
  • Ibnu Rusydi, Bidayatul Mujtahid , Beirut, Dar el Fikri
  • Al Allamah Al Qoilubi Umairah, al Mahalli, Beirut, Dar el Fikri
  • Shahihul Bukhari
  • Sunan Abi Daud

  1. Al Allamah Al Qoilubi Umairah, al Mahalli, Beirut, Dar el Fikri, h, 196
  2. Ibnu Rusydi, Bidayatul Mujtahid , Beirut, Dar el Fikri, h, 141
  3. Ibid
  4. Ibid
  5. Khatib Syarbaini, Mughnil Muhtaj, Juz I, Dar el Fikri, Beirut, h, 283
  6. Ibnu Rusydi, Opcit, h, 142
  7. Khatib Syarbaini, opcit 293
  8. Ibid




Tidak ada komentar:

Posting Komentar