بسم
الله الرحمن الرحيم
SUJUD SAHWI
------------------------------------
Oleh : Khoirul Amri
Siregar
Pendahuluan
Pengalaman kita sehari-hari sering
mengalami keraguan atau kelupaan dalam shalat, baik sebagai imam maupun shalat
sendiri, sedangkan pengetahuan kita tentang cara mengatasi masalah kelupaan ini
sangat terbatas. Akhirnya kita tidak dapat mengambil keputusan secara cermat
dan benar ketika kita memimpin shalat. Hal ini terjadi disebabkan penjelasan
khusus tentang sejud sahwi ini jarang disampaikan secara rinci, sekalipun telah
banyak buku-buku terjemahan tentang ini. Begitu juga angggapan kita tentang
hukumnya hanya sekedar sunat; boleh dilakukan dan boleh tidak, sehingga kita
kurang memperhatikannya. Oleh karena itu kita berusaha menjelaskannya dengan
menggunakan makalah yang sederhana ini, agar dapat meningkatkan pengetahuan
kita tentang tata cara shalat sedikit demi sedikit untuk menuju kesempurnaan.
Pembahasan
Hal-hal yang akan kita bahas pada sujud sahwi ini adalah
sebagai berikut :
- Hukum sujud sahwi
- Tempat sujud sahwi
- Penyebab sujud sahwi
- Kaifiyat sujud sahwi
- Orang yang harus melakukan sujud sahwi
- Cara mengingatkan imam yang lupa dalam shalatnya.
1. Hukum Sujud Sahwi
Ulama
berbeda pendapat dalam menetapkan hokum sujud sahwi. Imam Syafi’i menyatakan
sunat1. Abu Hanifah menyatakan hukumnya adalah fardhu. Sedangkan
Imam Malik membedakan antara perbuatan yang kurang dan perbuatan yang lebih.
Beliau menyatakan kalau kurang, hukumnya wajib, kalau lebih hukumnya sunat2.
2. Tempat sujud sahwi
Syafiiyah berpendapat bahwa sujud sahwi dilakukan
sebelum salam secara mutlak, mereka mentarjihkan hadits Abu Said al Khudri yang
diriwayatkan oleh Muslim :
888-حَدَّثَنِي
محمّد بن أحمد بنِ أبي خَلَف حَدَّثَنَا موسَى بن داود حَدَّثَنَا سُليمان بن بلال
عن زَيد بن أسلَم عن عطاء بن يسار عن أبي سعيد الخدري قال : قال رسول الله ص م :
إذَا شَكَّ أحَدُكُم في صلاتِه فَلم يدر كم صلّى
ثلاثا أم أربعا فلْيَطرَحْ الشَّكّ ولْيَبْنِ على ما استَيقَنَ ثمّ يسجد
سجْدَتَينِ قَبل أن يسلِّم فَإن كان صلّى خمسا شَفّعنا له صلاتَه وَإن كان صلّى
إتمَامًا لأرْبع كانتا تَرغيمًا للشَّيطان. حَدَّثَنِي
أحمد بنِ عبد الرحمن بن وهب حَدَّثَنِي عمّي عبد الله حَدَّثَنِي داود بن قيس عن
زَيد بن أسلَم بهذا الإسناد وفي معناه قال : يسجد سجْدَتَينِ قَبل
السلام كما
قال سُليمان بن بلال.
Artinya : Apabila seseorang
diantara kamu ragu dalam shalatnya lalu dia tidak tahu apakah sudah tiga rak’at
atau empat rak’at, hendaklah dia buang keraguan dan dia bangun apa yang
diyakininya, kemudian hendaklah sujud dua kali sebelum salam, seandainya
shalatnya lima
rak’at itu menjadi penggenap, tetapi jika pas empat itu menjadi penghinaan bagi
syetan.
Adapun Hanafiyah berpendapat bahwa sujud sahwi itu
dilakukan sesudah salam secara mutlak, dan membaca tasyahhud sebelum salam.
Mereka mentarjihkan hadits Zulyadain yang diriwayatkan oleh Bukhari dalam
hadits nomor :
1152- حَدَّثَنَا عبد الله بنُ يوسف أخبَرنا
مالك بن أنس عن أيّوب بن أبي تميمَة السَّخْتِيَني عن محمّد بن سِيرِين عن أبي
هُرَيرة ر ض أنّ رَسولَ الله ص م اِنْصَرَفَ مِن اثْنَتَين فقَال له ذُو اليَدَيْن
أقَصُرَتْ الصّلاةُ أمْ نَسِيتَ يَا رَسولَ الله .
فَقَال رَسولُ الله ص م أصَدَقَ ذُو اليَدَيْن
فقَال النَّاس نَعَم فَقَام رَسولُ الله ص م فَصَلّى اثْنَتَين
أُخْرَيَيْنِ ثمّ سَلَّمَ ثمّ كَبَّرَ فَسَجَدَ مِثْلَ سُجُودِهِ أمْ أطْوَلَ ثمّ
رَفَعَ.
Artinya : Diriwayatkan dari
Abu Hurairah Ra bahwa Rasulullah saw berpaling dari shalat setelah dua rak’at,
lalu Zulyadain berkata kepada beliau : Apakah shalat diqashar ya Rasulullah?
Maka Rasulullah berkata : Apakah Zulyadain ini benar ? Maka orang-orang
menjawab : “benar ya rasulullah”. Maka Rasul berdiri dan shalat dua rakat lagi
kemudian salam kemudian takbir lalu sujud seperti sujudnya atau lebih panjang,
kemudian bangkit.
Sedangkan Malikiyah menyatakan kalau karena kurang rukun, maka sujud sebelum salam
sebagaimana hadits diatas, dan kalau karena lebih, maka sujud dilakukan sesudah
salam3 sebagaimana hadits berikut ini :
1153- حَدَّثَنَا حفص بن عُمر حَدَّثَنَا يزيد
بن إبراهيم عن محّمد عن أبي هريرة رض قال
النبِيّ ص م إحْدَى صلاَتَي العَشِيّ قالَ محّمد وَأكثَر ظَنِّي العَصْرَ
رَكْعَتَين ثمّ سَلَّمَ ثمّ قامَ إلَى خَشَبَةٍ فِي مُقَدَّمِ المَسْجدِ فَوَضَعَ
يَدَهُ عَلَيْهَا وَفِيهِم أبو بكر وعمر ر ض فَهَابَا أن يكَلِّمَاه وخَرَجَ
سَرَعانُ النَّاس فَقَالُوا أقَصُرَتْ الصّلاةُ ورَجل يَدْعوه النبِيّ
ص م ذُو اليَدَيْن فقالَ أنَسِيتَ أمْ قَصُرَتْ فقال لَمْ أنْسَ وَلَمْ
تُقْصَرْ قال بلَى قَدْ نَسِيْتَ فَصَلّى رَكْعَتَين ثمّ سَلَّمَ ثمّ كَبَّرَ
فَسَجَدَ مِثْلَ سُجُودِهِ أمْ أطْوَلَ ثمّ رَفَعَ رَأسَه فَكَبّرَ ثمّ َوَضََعَ
رَأسَه فَكَبّرَ فَسَجَدَ مِثْلَ سُجُودِهِ أمْ أطْوَلَ ثمّ رَفَعَ رَأسَه
وَكَبّرَ
Artinya : Abu Hurairah Ra berkata : Nabi saw pernah
shalat dua rak’at pada salah satu dua rak’at sore (Muhammad berkata : “dugaanku
yang paling kuat adalah ashar”) kemudian beiau membaca salam kemudian beliau
bangkit menuju sebuah kayu didepan masjid lalu beliau meletakkan tangannya kepadanya,
dan diantara mereka itu ada Abu Bakar dan Umar ra, tetapi mereka berdua segan
mengatakannya kepada beliau, dan keluarlah beberapa orang dengan cepat dan
berkata : Apakah shalat di qoshor? Dan ada seorang laki-laki yang biasa
dipanggil oleh nabi dengan panggilan Zulyadain berkata: Apakah anda
(Rasulullah, pen) lupa atau shalat diqoshor ? L alu beliau menjawab : Aku tidak
lupa dan shalat tidak diqoshor. Ia (Zulyadain) berkata : Benar anda telah lupa.
Maka Rasulullah sholat dua rak’at kemudian salam kemudian bertakbir lalu sujud
seperti sujudnya atau lebih panjang, kemudian beliau bangkit lalu bertakbir
kemudian meletakkan kepalanya lalu bertakbir dan sujud seperti sujudnya atau
lebih panjang, kemudian mengangkat kepalanya dan bertakbir.
861- حَدَّثَنَا عُثمَان بن أبي شَيبة
حَدَّثَنَا جرير عن مَنصور عن إبراهيم عن علقَمة قال قال عبد الله صَلَّى رَسولُ
الله ص م قال إبراهيم فلا أدْرِي زَاد أم نقَصَ فلَمَّا سَلَّمَ قِيلَ له يَا رَسولَ
الله أحَدَثَ فِي الصَّلاَةِ شَيئٌ قَال ومَا ذَاكَ قَالُوا صَلّيْتَ كَذا وكذا
فثَنَى رِجْلَه واستَقْبَلَ القِبلَةَ فَسَجَدَ بِهِم سَجْدَتَيْنِ ثمّ سَلَّمَ
فلَمّا انْفَتَلَ أقْبَلَ عَلَينَا بِوجْهِهِ ص م فقَالَ إنّه لو حدثَ في الصّلاةِ
شيئ أنْبَأْتُكُم بِه ولكن إنّمَا أنَا بَشرٌ أنسَى كَما تنْسوْن فَإذا نَسِيْتُ
فّذَكِّرُونِي وقَال إذَا شَكَّ أحَدُكُم في
صلاتِه فَلْيَتَحَرَّ الصَّوابَ فَلْيُتِمَّ علَيه ثمّ ليُسَلِّمْ ثمّ
لِيَسْجُدْ سَجْدَتَيْنِ (سنن أبي داود )
Artinya : Abdullah Ra berkata : Rasulullah saw shalat
bersama kami (Ibrahim berkata “aku tidak tahu lebih atau kurang”). Setelah
selesai seseorang berkata kepada beliau : Wahai Rasulullah apakah
terjadisesuatu dalam sholat tadi? Beliau
menjawab : apa itu ? Mereka berkata : Anda tadi sholat begini dan begini. Maka
beliau melipat kakinya dan menghadap qiblat
lalu sujud bersama kami dua kali kemudian salam. Setelah selesai beliau
menghadapkan wajahnya kepada kami dan berkata : “Sesungguhnya bila terjadi
terjadi sesuatu dalam shalat aku beritakan kepada kalian, tetapi aku hanyalah
seorang manusia biasa bias lupa lupa sebagaimana kalian lupa, maka bila aku
lupa ingatkanlah aku dan beliau bersabda “apabila seseorang diantara kalian
lupa dalam shalatnya maka hendaklah dia berusaha mencari yang benarnya lalu
menyempurnakannya kemudian mengucap salam lalu sujud dua kali.
HR Abu Daud
Sedangkan Ahmad bin Hanbal
berpendapat sujud sahwi itu tergantung amalan Rasulullah apakah sebelum atau
sesudahnya, dan kalau tidak ada haditsnya dari amalan Rasulullah saw, maka
sujud dilakukan sebelum salam4.
3.
Perkataan dan perbuatan yang mengharuskan sujud sahwi
- Bila mengerjakan sesuatu yang dilarang atau meninggalkan sesuatu yang diperintah (baik rukun maupun sunat muakkadah seperti tasyahhud awal) maka sujud sebelum salam berdasarkan hadits nabi saw.
حَدَّثَنَا أبو اليمان قال
أخْبرنا شُعيب عن الزُّهرِي قال حَدَّثَنِي عبد الرحمن بنُ هرمز مولَى بني
المطلِّب وقال مرّة مولَى
ربيعة
بن الحارث أنّ عبد الله ابنَ بُحَينة وهو من أزدِ شَنوءَة وهو حلِيف لبني عبد مناف
وكان من أصحاب النبي
ص
م أنّ النبيّ ص م صلّى بهم الظهرَ فقام في الرّكعتَينِ الأولَيَين لم يجلِسْ فقام
النّاس معه حتّى إذا قضى الصلاة
وانتَظر
النّاسُ تسلِيمَه كبّر وهو جالِسٌ فسجد سجْدَتَينِ قَبل أن يسلِّم
ثمّ سلّم
- رواه البخاري
Abdur Rahman bin Hurmuz berkata : “Sesungguhnya nabi saw pernah
shalat zhuhur bersama kami, beliau langsung berdiri pada rakat kedua tanpa
duduk (tasyahhud) lalu jamaah berdiri mengikuti beliau hingga setelah selesai
shalat, jamaah menunggu salam beliau lalu beliau bertakbir dalam keadaan duduk
lalu sujud dua kali sebelum salam kemudian salam (HR Bukhari).
Tetapi
jika yang tertinggal itu rukun, maka wajib dikerjakan dan sujud sahwi.
- Sebab lupa apakah sudah tida rakaat atau sudah empat, dalam hal seperti ini hendaklah tambah satu rakaat lagi dan sujud sahwi sebelum salam5. Berdasarkan hadits riwayat Muslim diatas (no. 888).
- Kurang jumlah rakaat, sujud sahwi dilakukan sesudah salam
673- حَدَّثَنَا عبد الله بنُ مَسلَمة عن
مالك بن أنس عن أيّوب بن أبي تميمَة
السَّخْتِيَني عن محمّد بن سِيرِين عن
أبي
هُرَيرة ر ض أنّ رَسولَ الله ص م اِنْصَرَفَ مِن اثْنَتَين فقَال له ذُو اليَدَيْن
أقَصُرَتْ الصّلاةُ أمْ نَسِيتَ يَا رَسولَ الله .
فَقَال رَسولُ الله ص م أصَدَقَ ذُو
اليَدَيْن فقَال النَّاس نَعَم فَقَام
رَسولُ الله ص م فَصَلّى اثْنَتَين أُخْرَيَيْنِ ثمّ سَلَّمَ
ثمّ
كَبَّرَ فَسَجَدَ مِثْلَ سُجُودِهِ أوْ أطْوَلَ
( رواه البخاري )
Artinya : Diriwayatkan dari
Abu Hurairah Ra bahwa Rasulullah saw berpaling dari shalat setelah dua rak’at,
lalu Zulyadain berkata kepada beliau : Apakah shalat diqashar ya Rasulullah?
Maka Rasulullah berkata : Apakah Zulyadain ini benar ? Maka orang-orang
menjawab : “benar ya rasulullah”. Maka Rasul berdiri dan shalat dua rakat lagi
kemudian salam kemudian takbir lalu sujud seperti sujudnya atau lebih panjang,
kemudian bangkit.
KESIMPULAN WAKTU
SUJUD SAHWI
No.
|
Waktu sujud
|
S e b a b
|
Dalil Hadits
|
Perawi
|
1.
|
Sebelum salam
|
1. Lupa tasyahhud awal
2. Ragu jumlah rakaat
Antara 3 atau 4
|
1. Abdullah bin Buhainah
2. Abu Said al Khudiri
No. 888
|
Bukhari
Muslim
|
2.
|
Sesudah salam
|
1. Lebih rakaat
2. Kurang rakaat
3. Kurang rakaat
|
1. Abdullah no. 861
2. Zulyadain no. 1152
3. Zulyadain no. 673
|
Abu Daud
Bukhari
Bukhari
|
4.
Yang melakukan sujud sahwi
Yang melakukan sujud sahwi adalah orang
shalat munfarid (sendirian) dan imam beserta makmumnya termasuk yang masbuq.
5. Cara
mengingatkan imam yang terlupa dalam shalat
Makmum laki-laki membaca “subhanallah” ,
sedangkan perempuan menepuk tangan (tashfiq) berdasarkan sebuah hadits yang
kuat dari rasulullah saw. 6
قال
عليه الصلاة والسلام : مالي أرَاكم أكْثَرْتُمْ مِنَ التَّصْفِيْقِ
مَنْ نَابَهُ شَيئٌ فِي صلاَتِهِ فَلْيُسَبِّحْ فَإنَّهُ إذَا سَبَّح اُلْتُفِتَ
إلَيْهِ وَإنّمَا التَّصْفِيْقُ للِنِّسَاء
Artinya
: Bersabda Rasulullah saw : Mengapa aku lihat kamu banyak melakukan tepuk
tangan, barang siapa yang merasa geram akan sesuatu (merasa ada yang salah)
maka hendaklah dia membaca Subhanallah, karena bila ia bertasbih maka dia akan
diperhatikan, dan sesungguhnya tashfiq (tepuk tangan) itu adalah untuk wanita.
6. Cara Sujud Sahwi
A. Sujud
dilakukan dua kali seperti cara sujud dalam shalat. Ibnu ar Rif’ah (seorang
Syafi’iyah ) mengatakan : “kalau sekali saja bathal shalatnya”
B.
Bertakbir setiap hendak sujud dan hendak bangkit.
C.
Membaca salam sesudah sujud sahwi, sekalipun dilakukan sesudah salam (shalat).
D. Duduk iftirasy pada duduk
pertama dan duduk tawarruk pada duduk yang kedua (sebelum salam)7
E.
Bacaan pada sujud sahwi ada 3 pendapat :
a. Al Azro’i berpendapat bahwa tidak ada
zikir pada sujud sahwi.
b. Al Zamakhsyari berkata : “salah satu
qaul syafi’i berpendapat bahwa bacaan pada sujud
sahwi seperti bacaan pada sujud biasa.
c. Sebahagian mereka (Syafi’iyah) berkata
bahwa bacaan pada keduanya adalah :
سُبْحَانَ
مَنْ لاَّ يَنَامُ وَلاَ يَسْهُو
Artinya : Maha suci (Allah) yang tidak tidur dan tidak lupa8
Namun penulis tidak mendapatkan dalilnya
dari Hadits
Demikianlah
makalah ini kami sampaikan mudah-mudahan dapat memberi manfaat bagi peserta
sebagai bahan kajian dan diskusi pada hari ini.
Pesantren
Kwala Madu, 1 Maret 2009
Khoirul Amri Siregar
Sumber
bacaan :
- Syaikh Abu Bakar Jabir Al Jaza’iri , Minhajul Muslim, Darul Haq, Jakarta
- Khatib Syarbaini, Mughnil Muhtaj, Juz I, Dar el Fikri, Beirut
- Ibnu Rusydi, Bidayatul Mujtahid , Beirut, Dar el Fikri
- Al Allamah Al Qoilubi Umairah, al Mahalli, Beirut, Dar el Fikri
- Shahihul Bukhari
- Sunan Abi Daud
- Al Allamah Al Qoilubi Umairah, al Mahalli, Beirut, Dar el Fikri, h, 196
- Ibnu Rusydi, Bidayatul Mujtahid , Beirut, Dar el Fikri, h, 141
- Ibid
- Ibid
- Khatib Syarbaini, Mughnil Muhtaj, Juz I, Dar el Fikri, Beirut, h, 283
- Ibnu Rusydi, Opcit, h, 142
- Khatib Syarbaini, opcit 293
- Ibid
Tidak ada komentar:
Posting Komentar