Minggu, 06 Juli 2014

PELAKSANAAN SHALAT JAMAAH UNTUK JAMAAH WANITA



                       PELAKSANAAN SHALAT JAMAAH

                                                                                              UNTUK JAMAAH WANITA
Oleh : Legiman Kasmars

Bagaimana pelaksanaannya, dan dimana letak imamnya, mari kita perhatikan peninggalan Rasulullah saw, yaitu merupakan Sunnah (hadits yang shahih) dibawah ini.

1-  عَنْ  تَمِيمَة بِنْتِ سَلَمَة قَالَتْ : إِنَّ عَائِشةَ أُمُّ المُؤْمِنِينَ ر ض أَمَّتِ النِّسَاءَ فِي صَلاَةِ المَغْرِبِ فَقَامَتْ وَسَطَهُنَّ وَجَهَرَتْ بِالقِرَاءَةِ – رواه ابنُ حَزْمٍ –

Tamimah bin Salamah menerangkan :  Bahwasanya Aisyah mengimami para wanita dalam shalat maghrib, maka beliau berdiri ditengah-tengah jamaah dan menjaharkan qiraah. HR Ibnu Hazmin, shahih

2- عَنْ أُمِّ الحَسَنِ بْنِ أَبِي الحَسَنِ قَالَتْ : إِنَّ أُمَّ  سَلَمَة أَمَّتِ النِّسَاءَ فِي صَلاَةِ المَغْرِبِ فَقَامَتْ وَسَطَهُنَّ وَجَهَرَتْ بِالقِرَاءَةِ – رواه ابنُ حَزْمٍ –

Dari Ummul Hasan bin Abil Hasan  menerangkan :  Bahwasanya Ummu Salamah mengimami para wanita dalam shalat maghrib, maka beliau berdiri ditengah-tengah jamaah  dan menjaharkan qiraah. HR Ibnu Hazmin, sanadnya shahih.

3- عن ابنِ عبَّاسٍ قَالَ : تَؤُمُّ المَرْأَةُ النِّسَاءَ وَتَقُومُ وَسَطَهُنَّ - رو اه ابنُ حَزْمٍ –

Dari Ibnu Abbas ra beliau berkata : Orang perempuan mengimami jamaah perempuan, imamnya berdiri ditengah-tengah mereka. HR Ibnu Hazmin, sanadnya shahih.

Sesudah kita memperhatikan isi 3 (tiga) hadits diatas, maka Ibrahim an Nakha’i, Al Hasan Bashry, As Sya’by mengatakan bahwa imam perempuan mengimami jamaah perempuan, imamnya berdiri ditengah-tengah shaf pertama.

Ibnu Hazam berkata : Inilah pendapat Qatadah, Al Auza’I, Sufyan, Ishak, Abu Tsaur dan Jumhur ahli hadits. Penetapan yang tersebut ini dipegang oleh As Syafi’i.
Kemudian pelaksanaan shalatnya, apabila shalat jahar seperti maghrib dan Isya, maka dijaharkan seperti tersebut dalam hadits diatas وَجَهَرَتْ بِالقِرَاءَةِ (menjaharkan qiraah)
Dan kalau shalat sir seperti shalat zhuhur dan ashar, maka juga di sirkan. Contoh Ummu Salamah meng imami shalat Ashar, dimana letak imam tetap ditengah, tapi tidak ada kata jahar, dan berarti sir.

Demikian yang diperoleh penulis keterangan yang menyangkut judul diatas. Silakan dikoreksi. Kalau benar jadikan pedoman, dan kalau salah jangan diambil. Karena ilmu penulis Cuma sedikit.
Empat pengambilan : Koleksi Hadist-Hadits Hukum jilid 4 oleh Prof. TM Hasby Ash Shiddiqy

                                                                                    Kelurahan Damai, 26 Pebruari 2007


                                                                                                 Legiman Kasmars

أخبرنا أبو بكر ، وأبو زكريا ، وأبو سعيد قالوا : حدثنا أبو العباس قال : أخبرنا الربيع قال : أخبرنا الشافعي قال : أخبرنا ابن عيينة ، عن عمار الدهني ، عن امرأة من قومه يقال لها حجيرة ، عن أم سلمة ، « أنها أمتهن فقامت وسطا » قال الشافعي في رواية أبي سعيد : وروى ليث بن أبي سليم ، عن عطاء ، عن عائشة أنها « صلت بنسوة العصر فقامت وسطهن » قال : وروى صفوان بن سليم قال : من السنة أن تصلي المرأة بالنساء تقوم وسطهن قال الشافعي : وكان علي بن حسين يأمر جارية له تقوم بأهله في رمضان وكانت عمرة : تأمر المرأة أن تقوم للنساء في شهر رمضان

حدثنا هشيم قال أخبرنا يونس عن الحسن ومغيرة عن إبراهيم وحصين عن الشعبي قال تؤم المرأة النساء في صلاة رمضان تقوم معهن في صفهن
Ibnu Abi Syaibah


عبد الرزاق عن إبراهيم بن محمد عن داود بن الحصين عن عكرمة عن بن عباس قال تؤم المرأة النساء تقوم في وسطهن
Abdur Razak


أَخْبَرَنَا أَبُو حَازِمِ الْحَافِظُ أَخْبَرَنَا أَبُو أَحْمَدَ الْحَافِظُ أَخْبَرَنَا أَبُو جَعْفَرٍ : مُحَمَّدُ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ سَعِيدٍ الْمُقْرِئُ بِالْكُوفَةِ حَدَّثَنَا عَبَّادُ بْنُ يَعْقُوبَ الأَسَدِىُّ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِى يَحْيَى يَعْنِى إِبْرَاهِيمَ عَنْ دَاوُدَ يَعْنِى ابْنَ الْحُصَيْنِ عَنْ عِكْرِمَةَ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ : تَؤُمُّ الْمَرْأَةُ النِّسَاءَ تَقُومُ وَسَطَهُنَّ. وَقَدْ رَوَيْنَا فِيهِ حَدِيثًا مُسْنَدًا فِى بَابِ الأَذَانِ وَفِيهِ ضَعْفٌ.
Baihaqi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar