PELAKSANAAN SHALAT JAMAAH
UNTUK JAMAAH WANITA
Oleh : Legiman Kasmars
Bagaimana pelaksanaannya, dan dimana letak imamnya, mari kita
perhatikan peninggalan Rasulullah saw, yaitu merupakan Sunnah (hadits yang
shahih) dibawah ini.
1- عَنْ تَمِيمَة بِنْتِ
سَلَمَة قَالَتْ : إِنَّ عَائِشةَ أُمُّ المُؤْمِنِينَ ر
ض أَمَّتِ النِّسَاءَ فِي صَلاَةِ المَغْرِبِ فَقَامَتْ وَسَطَهُنَّ وَجَهَرَتْ
بِالقِرَاءَةِ – رواه ابنُ حَزْمٍ –
Tamimah bin Salamah
menerangkan : Bahwasanya Aisyah
mengimami para wanita dalam shalat maghrib, maka beliau berdiri
ditengah-tengah jamaah dan menjaharkan qiraah. HR Ibnu Hazmin,
shahih
2- عَنْ أُمِّ الحَسَنِ بْنِ أَبِي الحَسَنِ قَالَتْ : إِنَّ
أُمَّ سَلَمَة أَمَّتِ
النِّسَاءَ فِي صَلاَةِ المَغْرِبِ فَقَامَتْ وَسَطَهُنَّ وَجَهَرَتْ
بِالقِرَاءَةِ – رواه ابنُ حَزْمٍ –
Dari Ummul Hasan bin Abil
Hasan menerangkan : Bahwasanya Ummu Salamah mengimami para wanita
dalam shalat maghrib, maka beliau berdiri ditengah-tengah jamaah dan menjaharkan qiraah. HR Ibnu
Hazmin, sanadnya shahih.
3-
عن ابنِ عبَّاسٍ قَالَ : تَؤُمُّ المَرْأَةُ النِّسَاءَ وَتَقُومُ وَسَطَهُنَّ -
رو اه ابنُ حَزْمٍ –
Dari Ibnu Abbas ra beliau
berkata
: Orang
perempuan mengimami jamaah perempuan, imamnya berdiri ditengah-tengah mereka.
HR Ibnu Hazmin, sanadnya shahih.
Sesudah kita memperhatikan
isi 3 (tiga) hadits diatas, maka Ibrahim an Nakha’i, Al Hasan Bashry, As Sya’by
mengatakan bahwa imam perempuan mengimami jamaah perempuan, imamnya berdiri
ditengah-tengah shaf pertama.
Ibnu Hazam berkata : Inilah
pendapat Qatadah, Al Auza’I, Sufyan, Ishak, Abu Tsaur dan Jumhur ahli hadits.
Penetapan yang tersebut ini dipegang oleh As Syafi’i.
Kemudian pelaksanaan
shalatnya, apabila shalat jahar seperti maghrib dan Isya, maka dijaharkan
seperti tersebut dalam hadits diatas وَجَهَرَتْ
بِالقِرَاءَةِ (menjaharkan qiraah)
Dan kalau shalat sir seperti
shalat zhuhur dan ashar, maka juga di sirkan. Contoh Ummu Salamah meng imami
shalat Ashar, dimana letak imam tetap ditengah, tapi tidak ada kata jahar, dan
berarti sir.
Demikian yang diperoleh
penulis keterangan yang menyangkut judul diatas. Silakan dikoreksi. Kalau benar
jadikan pedoman, dan kalau salah jangan diambil. Karena ilmu penulis Cuma
sedikit.
Empat pengambilan : Koleksi
Hadist-Hadits Hukum jilid 4 oleh Prof. TM Hasby Ash Shiddiqy
Kelurahan
Damai, 26 Pebruari 2007
Legiman Kasmars
أخبرنا أبو بكر ، وأبو زكريا ، وأبو سعيد قالوا : حدثنا
أبو العباس قال : أخبرنا الربيع قال : أخبرنا الشافعي قال : أخبرنا ابن عيينة ، عن
عمار الدهني ، عن امرأة من قومه يقال لها حجيرة ، عن أم سلمة ، « أنها أمتهن فقامت
وسطا » قال الشافعي في رواية أبي سعيد : وروى ليث بن أبي سليم ، عن عطاء ، عن عائشة
أنها « صلت بنسوة العصر فقامت وسطهن » قال : وروى صفوان بن سليم قال : من السنة أن تصلي المرأة بالنساء تقوم
وسطهن قال الشافعي : وكان علي بن حسين يأمر جارية له تقوم بأهله في رمضان وكانت عمرة
: تأمر المرأة أن تقوم للنساء في شهر رمضان
حدثنا هشيم قال أخبرنا يونس عن الحسن ومغيرة عن إبراهيم
وحصين عن الشعبي قال تؤم المرأة النساء في صلاة رمضان تقوم معهن في صفهن
Ibnu Abi Syaibah
عبد الرزاق عن إبراهيم بن محمد عن داود بن الحصين عن
عكرمة عن بن عباس قال تؤم المرأة النساء تقوم في وسطهن
Abdur Razak
أَخْبَرَنَا أَبُو حَازِمِ الْحَافِظُ أَخْبَرَنَا
أَبُو أَحْمَدَ الْحَافِظُ أَخْبَرَنَا أَبُو جَعْفَرٍ : مُحَمَّدُ بْنُ الْحَسَنِ
بْنِ سَعِيدٍ الْمُقْرِئُ بِالْكُوفَةِ حَدَّثَنَا عَبَّادُ بْنُ يَعْقُوبَ الأَسَدِىُّ
حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِى يَحْيَى يَعْنِى إِبْرَاهِيمَ عَنْ دَاوُدَ يَعْنِى ابْنَ الْحُصَيْنِ
عَنْ عِكْرِمَةَ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ : تَؤُمُّ الْمَرْأَةُ النِّسَاءَ تَقُومُ وَسَطَهُنَّ. وَقَدْ
رَوَيْنَا فِيهِ حَدِيثًا مُسْنَدًا فِى بَابِ الأَذَانِ وَفِيهِ ضَعْفٌ.
Baihaqi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar