BACAAN SALAM DI AKHIR
SHALAT
Oleh : H. Sufriadi Hasan Basri BA*
Masalah bacaan salam di akhir shalat sudah ada dalam HPT
yaitu di halaman 364. Disitu ditegaskan salam itu sampai wabarakatuh. Tapi
hasil Munas Tarjih di Malang tahun 2010 menegaskan bahwa boleh sampai
wabarakatuh dan boleh sampai warahmatullah. Untuk lebih mempertajam pemahaman
tentang hal itu, maka kita laksanakan Muzakarah Tarjih membahas hal tersebut.
A. DALIL SALAM sampai
WABARAKATUH (kanan dan kiri)
عن ابن عبد الله أن ابن مسعود كان يسلم عن يمينه السلام
عليكم ورحمة الله وبركاته ، وعن يساره السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
، يجهر بكلتيهما قال : أظنه لم يتابعه عليه أحد.
Dari Abdullah bin Mas’ud
bahwa dia (Abdullah) bersalam kekanan dengan mengucapkan Assalamu
alaikum warahmatullah wa barakatuh,
dan ke kirinya mengucapkan Assalamu alaikum warahmatullah wa barakatuh. HR Abdur
Razaq
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ نُمَيْرٍ
، حَدَّثَنَا عُمَرُ بْنُ عُبَيْدٍ عَنْ ابْنِ إِسْحَاقَ عَنْ الْأَحْوَصِ عَنْ
" عَبْدِ اللَّهِ " : { أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُسَلِّمُ
عَنْ يَمِينِهِ وَعَنْ شِمَالِهِ حَتَّى يُرَى بَيَاضُ خَدِّهِ : السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ
وَبَرَكَاتُهُ } انْتَهَى
بِلَفْظِهِ .
وَفِي تَلْقِيحِ الْأَفْكَارِ تَخْرِيجُ الْأَذْكَارِ،
لِلْحَافِظِ ابْنِ حَجَرٍ لَمَّا ذَكَرَ النَّوَوِيُّ: أَنَّ زِيَادَةَ وَبَرَكَاتُهُ
زِيَادَةٌ فَرْدَةٌ ، سَاقَ الْحَافِظُ طُرُقًا عِدَّةً لِزِيَادَةِ وَبَرَكَاتُهُ
؛ ثُمَّ قَالَ : فَهَذِهِ عِدَّةُ طُرُقٍ تَثْبُتُ بِهَا وَبَرَكَاتُهُ ، بِخِلَافِ
مَا يُوهِمُهُ كَلَامُ الشَّيْخِ أَنَّهَا رِوَايَةٌ فَرْدَةٌ ، انْتَهَى كَلَامُهُ
.
Dari Ahwash dari Abdillah bahwa Rasulullah saw bersalam
ke kanan dan ke kiri sehingga nampak putih pipinya : Assalamu alaikum
warahmatullah wa barakatuh. Sekian bunyinya.
Dalam kitab Talqihul Afkar
dan Takhrijul Azkar karangan Al Hafiz Ibnu Hajar : Ketika Imam Nawawi
menyebutkan bahwa tambahan wa barakatuh itu tambahan satu rawi saja,
maka Al Hafiz menguraikan beberapa jalan (jurusan sanad) yang isi tambahan wa
barakatuh. Kemudian katanya : maka inilah jalan yang menguatkan wabarakatuh,
berbeda dengan yang disangkanya dalam kata-kata guru (syekh) tersebut bahwa itu
hanya riwayat seorang saja.
Kitab Subulus Salam
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ نُمَيْرٍ
حَدَّثَنَا عُمَرُ بْنُ عُبَيْدٍ عَنْ أَبِى إِسْحَاقَ عَنْ أَبِى الأَحْوَصِ عَنْ
عَبْدِ اللَّهِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يُسَلِّمُ عَنْ يَمِينِهِ وَعَنْ
شِمَالِهِ حَتَّى يُرَى بَيَاضُ خَدِّهِ « السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ
اللَّهِ ».
Dari Abi Ahwash dari Abdullah bahwa Rasulullah saw
bersalam ke kanan dan ke kirinya sehingga terlihat putih pipinya (mengucapkan)
Assalamu alaikum warahmatullah.
Kitab Sunan Ibnu Majah, bab Taslim juz 3
halaman 225.
Hadits diatas dalam HPT disebutkan : Salam
sampai wabarakatuh, tapi ternyata yang keluar dalam Maktabah Syamilah
hanya seperti diatas, yaitu sampai warahmatullah.
B. DALIL SALAM ke kanan SAMPAI WABARAKATUH DAN
ke kiri SAMPAI WARAHMATULLAH
حَدَّثَنَا عَبْدَةُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ حَدَّثَنَا
يَحْيَى بْنُ آدَمَ حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ قَيْسٍ الْحَضْرَمِىُّ عَنْ سَلَمَةَ بْنِ
كُهَيْلٍ عَنْ عَلْقَمَةَ بْنِ وَائِلٍ عَنْ أَبِيهِ قَالَ صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِىِّ
-صلى الله عليه وسلم- فَكَانَ
يُسَلِّمُ عَنْ يَمِينِهِ « السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ
وَبَرَكَاتُهُ ». وَعَنْ شِمَالِهِ « السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ ».
Dari Alqamah bin Wail dari ayahnya dia berkata : Saya
shalat bersama nabi saw maka berliau ber
salam ke kanannya dan mengucapkan Assalamu alaikum warahmatullah
wa barakatuh,
dan ke kirinya mengucapkan Assalamu alaikum warahmatullah.
HR Abu Daud, al Baghawi
*Ketua Majlis Tarjih
dan Tajdid PDM Kota
Binjai dan Wakil Pimpinan Pesantren
Muhammadiyah Kwala Madu, serta anggota Komisi
Fatwa MUI Binjai
C. DALIL SALAM ke kanan DAN ke kiri SAMPAI
WARAHMATULLAH
حدثنا عَبْدُ الرَّزَّاقِ حدثنا الثَّوْرِيُّ عَنْ جَابِرٍ عَنْ
أَبِي الضُّحَى عَنْ مَسْرُوقٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ مَا نَسِيتُ فِيمَا
نَسِيتُ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ كَانَ يُسَلِّمُ
عَنْ يَمِينِهِ السَّلَامُ
عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ
حَتَّى يُرَى بَيَاضُ خَدِّهِ وَعَنْ يَسَارِهِ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ حَتَّى يُرَى بَيَاضُ خَدِّهِ أَيْضًا
( حم ) 3888قال الشيخ شعيب الأرناؤوط : إسناده صحيح
على شرط مسلم , رجاله ثقات رجال الشيخين غير أبي الأحوص فمن رجال مسلم
Dari Abdullah dia berkata : Saya tidak pernah lupa dari
Rasulullah saw bahwa dia (Rasul) ber salam ke kanannya dan mengucapkan Assalamu
alaikum warahmatullah,sehingga nampak putih pipinya dan ke kirinya
mengucapkan Assalamu alaikum warahmatullah sehingga nampak putih pipinya
juga.
Kata Syekh Syu’aib al Arnauth
: Sanadnya shahih menurut syarat Imam Muslim. Perawinya terpercaya menurut
Bukhari Muslim, selain Abi al Ahwash yang hanya terpercaya menurut Muslim.
HR Ahmad, Nasai, Ibnu
Hibban, al Bazar, Ibnu Abi Syaibah, Abu Ya’la, Daruqutni, Baihaqi, Thabrani
حدثنا يَحْيَى بْنُ آدَمَ وَأَبُو أَحْمَدَ
قَالَا حدثنا إِسْرَائِيلُ عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْأَسْوَدِ
عَنْ أَبِيهِ وَعَلْقَمَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ
يُكَبِّرُ فِي كُلِّ رُكُوعٍ وَسُجُودٍ وَرَفْعٍ وَوَضْعٍ وَأَبُو بَكْرٍ وَعُمَرُ
رِضْوَانُ اللَّهِ عَلَيْهِمَا وَيُسَلِّمُونَ عَلَى أَيْمَانِهِمْ وَشَمَائِلِهِمْ
السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ ( حم ) 3972قال الشيخ شعيب الأرناؤوط : إسناده صحيح على شرط الشيخين
Dari Abdillah bin Mas’ud : Rasulullah saw bertakbir pada
setiap ruku’ dan sujud, mengangkat kepala dan menurunkan nya. Begitu juga
dilakukan Abu Bakar dan Umar. Dan mereka bersalam ke kanan dan ke kiri Assalamu
alaikum warahmatullah. Kata
Syekh Syu’aib al Arnauth : Perawinya terpercaya menurut Bukhari Muslim HR Ahmad
حدثنا عُمَرُ بْنُ عُبَيْدٍ عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ عَنْ أَبِي الْأَحْوَصِ
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
يُسَلِّمُ عَنْ يَمِينِهِ حَتَّى يَبْدُوَ بَيَاضُ خَدِّهِ يَقُولُ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَعَنْ يَسَارِهِ حَتَّى يَبْدُوَ بَيَاضُ
خَدِّهِ يَقُولُ السَّلَامُ
عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ
( حم ) 4280قال الشيخ شعيب الأرناؤوط : إسناده صحيح على شرط مسلم , رجاله ثقات رجال
الشيخين غير أبي الأحوص فمن رجال مسلم
Dari Abdullah dia berkata : Rasulullah
saw ber salam ke kanannya sehingga nampak
putih pipinya dan mengucapkan Assalamu alaikum warahmatullah,sehingga
nampak putih pipinya dan ke kirinya sehingga nampak putih pipinya mengucapkan Assalamu
alaikum warahmatullah.
Kata Syekh Syu’aib al Arnauth
: Sanadnya shahih menurut syarat Imam Muslim. Perawinya terpercaya menurut
Bukhari Muslim, selain Abi al Ahwash yang hanya terpercaya menurut Muslim.
HR Ahmad
حدثنا هَاشِمٌ وَحُسَيْنٌ الْمَعْنَى قَالَا حدثنا إِسْرَائِيلُ
عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ عَنْ أَبِي الْأَحْوَصِ وَالْأَسْوَدِ بْنِ يَزِيدَ عَنْ عَبْدِ
اللَّهِ قَالَ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُسَلِّمُ
عَنْ يَمِينِهِ السَّلَامُ
عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ
حَتَّى يَبْدُوَ بَيَاضُ خَدِّهِ الْأَيْمَنِ وَعَنْ يَسَارِهِ بِمِثْلِ ذَلِكَ ( حم ) 3849قال الشيخ شعيب الأرناؤوط : إسناده صحيح على شرط الشيخين
Dari
Abi Ahwash dan al Aswad bin Yazid dari Abdullah dia berkata : Saya melihat
Rasulullah saw bersalam ke kanannya Assalamu alaikum warahmatullah
sehingga nampak putih pipinya yang kanan dan ke kirinya juga seperti itu (Assalamu
alaikum warahmatullah)
HR Ahmad, Abu Daud, Nasai, Ibnu Khuzaimah, Abu Ya’la,
Ibnu Asakir, Abdur Razaq, Ibnu Abi Syaibah, at Thayalisi, Daruqutni, al Bazaar,
al Baghawi,
حدثنا زَيْدُ بْنُ أَخْزَمَ عَنْ ابْنِ دَاوُدَ يَعْنِي عَبْدَ
اللَّهِ بْنَ دَاوُدَ الْخُرَيْبِيَّ عَنْ عَلِيِّ بْنِ صَالِحٍ عَنْ أَبِي إِسْحَقَ
عَنْ أَبِي الْأَحْوَصِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ كَأَنِّي أَنْظُرُ إِلَى بَيَاضِ خَدِّهِ عَنْ يَمِينِهِ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ
اللَّهِ وَعَنْ يَسَارِهِ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ( س ) 1322
Dari Abdullah dari nabi saw dia berkata : Seolah-olah
saya melihat putih pipinya (nabi) dikanannya dan mengucapkan Assalamu
alaikum warahmatullah dan di kirinya mengucapkan Assalamu alaikum
warahmatullah HR Nasai
D. DALIL SALAM SAMPAI ‘ALAIKUM
أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ سُلَيْمَانَ قَالَ حَدَّثَنَا يَحْيَى
بْنُ آدَمَ عَنْ مِسْعَرٍ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ ابْنِ الْقِبْطِيَّةِ عَنْ جَابِرِ
بْنِ سَمُرَةَ قَالَ كُنَّا نُصَلِّى خَلْفَ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- فَنُسَلِّمُ
بِأَيْدِينَا فَقَالَ « مَا بَالُ هَؤُلاَءِ يُسَلِّمُونَ بِأَيْدِيهِمْ كَأَنَّهَا
أَذْنَابُ خَيْلٍ شُمْسٍ أَمَا يَكْفِى أَحَدَهُمْ أَنْ يَضَعَ يَدَهُ عَلَى فَخِذِهِ
ثُمَّ يَقُولَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمُ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ ».
الشمس : جمع
شموس وهى النَّفور التى لا تستقر ولا تسكن لشغبها وحدتها
Dari Jabir bin Samurah dia berkata : Kami shalat
dibelakang Nabi saw maka kami bersalam dengan tangan kami. Maka nabi saw
berkata : Bagaimana keadaan mereka ini, mereka bersalam dengan tangan mereka se
olah-olah ekor kuda syumus. Tidakkah cukup mereka meletakkan tangannya diatas
pahanya kemudian mengucapkan Assalamu alaikum, Assalamu alaikum HR Nasai
E. DALIL NILAI SALAM YANG
PENDEK, SEDANG DAN PANJANG
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بن عَبْدِ اللَّهِ الْحَضْرَمِيُّ، حَدَّثَنَا
الْحَسَنُ بن سَهْلٍ الْحَنَّاطُ ح، وَحَدَّثَنَا عُبَيْدٌ الْعِجْلُ، حَدَّثَنَا الْحَسَنُ
بن عَلِيٍّ الْحُلْوَانِيُّ، قَالا: حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ، عَنْ مُوسَى بن عُبَيْدَةَ،
عَنْ أَيُّوبَ بن خَالِدٍ، عَنْ أَبِي أُمَامَةَ بن سَهْلٍ، عَنْ حُنَيْفٍ، عَنْ
مَالِكِ بن التَّيْهَانِ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ:"مَنْ قَالَ
السَّلامُ عَلَيْكُمْ كُتِبَتْ لَهُ عَشْرُ حَسَنَاتٍ، وَمَنْ قَالَ السَّلامُ
عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ كُتِبَتْ لَهُ عِشْرُونَ حَسَنَةً، وَمَنْ قَالَ السَّلامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ
وَبَرَكَاتُهُ كُتِبَتْ لَهُ خَمْسُونَ حَسَنَةً". مَالِكُ بن رَبِيعَةَ أَبُو أُسَيْدٍ الأَنْصَارِيُّ
ثُمَّ الْخَزْرَجِيُّ ثُمَّ السَّاعِدِيُّ بَدْرِيٌّ
Dari Malik bin Taihan dia berkata :Rasulullah saw bersabda :
Siapa yang mengucapkan Assalamu alaikum maka dituliskan untuknya 10
kebaikan, dan Siapa yang mengucapkan Assalamu alaikum warahmatullah
maka dituliskan untuknya 20 kebaikan, Siapa yang mengucapkan Assalamu
alaikum warahmatullahi wabarakatuh maka dituliskan untuknya 50 kebaikan.
HR Thabrani, Baihaqi, as Suyuthi
عن عِمْرَان بن الحصين رضي الله عنهما
، قَالَ : جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبيِّ - صلى الله عليه وسلم - ، فَقَالَ : السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ ، فَرَدَّ عَلَيْهِ ثُمَّ جَلَسَ ، فَقَالَ
النبيُّ - صلى الله عليه وسلم - : (( عَشْرٌ )) ثُمَّ جَاءَ آخَرُ ، فَقَالَ :
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ ، فَرَدَّ عَلَيْهِ فَجَلَسَ ، فَقَالَ
: (( عِشْرُونَ )) ثُمَّ جَاءَ آخَرُ ، فَقَالَ : السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ الله وَبَركَاتُهُ ، فَرَدَّ عَلَيْهِ فَجَلَسَ ، فَقَالَ
: (( ثَلاثُونَ )) رواه أَبُو داود والترمذي ، وقال : (( حديث حسن ))
Dari Imran bin Hushain ra dia berkata : Seorang laki-laki
datang kepada nabi saw dan mengucapkan Assalamu alaikum maka nabi
menjawab, laki-laki itu duduk dan nabi berkata : untuknya 10 kebaikan. Kemudian datang laki-laki lain dan
mengucapkan Assalamu alaikum warahmatullah maka nabi
menjawab,laki-laki itu duduk dan nabi berkata : untuknya 20 kebaikan,
Kemudian datang laki-laki lain dan mengucapkan Assalamu alaikum
warahmatullahi wabarakatuh nabi menjawab, laki-laki itu duduk dan nabi
berkata : untuknya 30 kebaikan.
HR Abu Daud, Tirmizi, Malik
KESIMPULAN
Maka dari hadits-hadits diatas jelaslah bahwa nabi pernah
mengucapkan 3 macam salam itu diakhir shalat. Ada yang sampai Assalamu
alaikum, ada yang sampai Assalamu alaikum warahmatullah dan
ada yang sampai Assalamu alaikum warahmatullah wabarakatuh.
Dalam kitab HPT sampai sekarang ini masih dipertahankan
sampai Assalamu alaikum warahmatullah wabarakatuh, yaitu hasil
Muktamar Tarjih di Pencongan, Pekalongan tanggal 23 – 28 April 1972.
Tapi dalam Munas Tarjih tahun 2010 di Malang, maka di
putuskan bahwa salam diakhir shalat boleh sampai Wabarakatuh dan boleh
sampai Warahmatullah.
Tapi kalau kita cermati, maka ternyata memang yang sampai
Warahmatullah lebih banyak haditsnya dan lebih banyak perawinya.
Maka warga Muhammadiyah juga harus mempersiapkan diri dalam bentuk Tanawwu’ul Ibadah (ber macam cara ibadah) selama di dukung oleh dalil yang shahih. Walaupun semua orang pada dasarnya lebih senang keseragaman. Tapi HPT sendiri berprinsip Tanawwu’ul Ibadah. Coba lihat tentang tata cara Qiyamul Lail. Disitu dijelaskan lebih dari 10 macam tata cara Qiyamul Lail Nabi.
Tapi perlu juga bahwa salam untuk masuk keluar rumah, masuk keluar majlis, berjumpa teman dll tetap afdhal yang lengkap yaitu Assalamu alaikum warahmatullah wabarakatuh. Artinya meletakkan salam sesuai tempat dan kedudukannya yg sesuai dengan dalilnya.
Pesantren Muhammadiyah Kwala Madu, 25 April 2013
Lafaz Salam Pada Akhir Shalat
Wednesday, March 28th 2012. | Artikel
Oleh: Farid Nu’man Hasan
Pertanyaan:
Pertanyaan:
Assalamu ‘Alaikum, afwan Ust, mau
tanya bagaimana ucapan salam di akhir shalat, karena ada yang baca …………….. wa
rahmatullah, ada yang …………………….. wa barakatuh. Mohon dengan haditsnya. (dari
081383368xxx)
Jawaban : Bismillah wal Hamdulillah wash Shalatu was
Salamu ‘ala Rasulillah wa ‘ala Aalihi wa Shahbihi wa man Waalah, wa ba’d:
Tentang ucapan salam selesainya
shalat, baik As Salamu ‘Alaikum wa Rahmatullah wa Barakatuh atau As
Salamu ‘Alaikum wa Rahmatullah saja, atau As Salamu ‘Alaikum saja,
ketiganya ada dalam sunah.
1.
Pertama. Berikut ini keterangan bacaan salam dengan lafaz: As Salamu ‘Alaikum wa Rahmatullah wa Barakatuh.
Dari ‘Alqamah bin Wa-il,
dari ayahnya, katanya:
صَلَّيْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَكَانَ يُسَلِّمُ عَنْ يَمِينِهِ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ وَعَنْ شِمَالِهِ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ
Saya shalat bersama Nabi
Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, Beliau mengucapkan salam ke kanan: “As Salamu
‘Alaikum wa Rahmatullah wa Barakatuh,” dan ke kirinya: “As Salamu ‘Alaikum wa
Rahmatullah.” (HR. Abu Daud No. 997)
Sederetan muhaqqiqin telah
menshahihkan hadits ini dan memastikannya ada dalam kitab Sunan Abi Daud.
Syaikh Al Albani berkata: “Isnad
hadits ini shahih, dan dishahihkan oleh Imam An Nawawi, Imam Ibnu Hajar Al
‘Asqalani, lalu juga oleh Imam Ibnu Daqiq Al ‘Id, dan Imam Ibnu
Sayyidin Naas.” (Shahih Abi Daud No. 915), Imam Ibnu Abdil Hadi juga
mengatakan shahih. (Al Muharrar fil Hadits, 1/207, No. 271)
Sebagian ulama, seperti Imam
Ibnu Ash Shalah Rahimahullah mengatakan bahwa tambahan “wa barakatuh”
tidak ada dalam kitab-kitab hadits. Pernyataan ini telah dikoreksi Al
Hafizh Ibnu Hajar Al ‘Asqalani Rahimahullah sebagai berikut:
تنبيه : وقع في صحيح
ابن حبان من حديث ابن مسعود زيادة ” وبركاته ” ، وهي عند ابن ماجه
أيضا ، وهي عند أبي داود أيضا في حديث وائل بن حجر ، فيتعجب من ابن الصلاح حيث يقول : إن هذه
الزيادة ليست في شيء من كتب الحديث
Peringatan: Hadits ini terdapat
dalam Shahih Ibnu Hibban dari haditsnya Ibnu Mas’ud dengan tambahan “wa
barakatuh”, ini juga diriwayatkan Ibnu Majah, juga Abu Daud dalam hadits Wa-il
bin Hujr, maka sungguh mengherankan apa yang dikatakan Ibnu Ash Shalah ketika
dia berkata: “Sesungguhnya tambahan tersebut tidak ada sedikit pun dalam
kitab-kitab hadits.” (At Talkhish Al Habir, 1/271)
Al Hafizh Ibnu Hajar
–sebagaimana dikutip oleh Asy Syaikh Abul Hasan Ubaidullah Al Mubarkafuri-
juga mengoreksi Imam An Nawawi yang menyebutkan bahwa kalimat “wa barakatuh”
hanya diriwayatkan secara menyendiri. Beliau berkata:
فهذه عدة طرق
تثبت بها “وبركاته”، بخلاف ما يوهمه كلام الشيخ أنها رواية فردة-انتهى
Inilah sejumlah jalur yang
dengannya menjadi shahih kalimat “wa barakatuh”, berbeda dengan yang disangka
oleh Asy Syaikh (An Nawawi) bahwa itu adalah riwayat yang menyendiri. Selesai.
(Mir’ah Al Mafatih, 3/307)
Nah, dari hadits di atas terlihat
jelas sunahnya tambahan “wa barakatuh”, hanya saja mereka menyunnahkan hanya
pada salam yang pertama sebagaimana yang nampak secara tekstual dalam
haditsnya. Disebutkan oleh pengarang kitab Al Minhal:
وبهذا تعلم استحباب
زيادة ” وبركاته ” في التسليمة الأولى
Maka dengan ini Anda mengetahui
sunahnya tambahan “wa barakatuh” dalam salam yang pertama. (Al Minhal,
6/117)
Ini juga pendapat Syaikh Al
Albani Rahimahullah, bahwa tambahan tersebut hanya pada salam pertama.
(Tamamul Minnah, Hal. 171)
Tetapi, Imam Abdurrazzaq
meriwayatkan dalam Al Mushannaf-nya, bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengucapkan
As Salamu ‘Alaikum wa Rahmatullah wa Barakatuh secara jahr (dikeraskan)
hingga terlihat pipinya yang putih, baik ke kanan (salam pertama) dan ke kiri
(salam kedua). (Al Mushannaf Abdurrazaaq, 2/219), itu juga dilakukan oleh
sahabat Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, ‘Ammar bin Yasir. (Ibid, 2/220),
Syaikh Muhammad bin Ali bin Adam mengatakan: semua rijal dalam isnad hadits
ini terpercaya. (Raf’ul Ghain, Hal. 5)
Imam Al Bazzar juga
meriwayatkan dari Abdullah bin Mas’ud bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa
Sallam mengucapkan As Salamu ‘Alaikum wa Rahmatullah wa Barakatuh sebanyak dua
kali ke kanan dan kiri. (Musnad Al Bazzar No. 1574)
Selain itu, Imam Ibnu Hazm
Rahimahullah juga meriwayatkan dari Ibnu Mas’ud Radhiallahu ‘Anhu bahwa
Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengucapkan salam ke kanan As Salamu
‘Alaikum wa Rahmatullah wa Barakatuh, ke kiri juga As Salamu ‘Alaikum wa
Rahmatullah wa Barakatuh. (Al Muhalla, 3/275), riwayat yang seperti
ini – dari Ibnu Mas’ud- juga diriwayatkan oleh Imam Ibnu Hibban (No. 1993)
dan Imam Ibnu Khuzaimah (No. 728) dalam kitab Shahih-nya masing-masing.
Maka, tambahan “wa barakatuh”
baik dalam salam pertama dan kedua adalah masyru’ (disyariatkan)
sebagaimana keterangan dalil dan komentar para imam di atas.
Kedua.
Lafaz bacaan salam: As Salamu ‘Alaikum wa Rahmatullah
Dari ‘Ammar bin Yaasir Radhiallahu
‘Anhuma, beliau berkata:
كَانَ يُسَلِّمُ عَنْ
يَمِينِهِ وَعَنْ شِمَالِهِ حَتَّى يُرَى بَيَاضُ خَدِّهِ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ
وَرَحْمَةُ اللَّهِ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ
Dahulu ketika mengucapkan salam,
Beliau menengok ke kanan dan kirinya sampai terlihat pipinya yang putih (dan
mengucapkan): Assalamu ‘Alaikum wa Rahmatullah, Assalamu ‘Alaikum wa
Rahmatullah. (HR. Abu Daud No. 996, Ibnu Majah No. 916)
Syaikh Al Albani mengatakan:
shahih. (Shahih wa Dhaif Sunan Abi Daud No. 996)
Dari Abdullah bin Mas’ud
Radhiallahu ‘Anhu, dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam:
أَنَّهُ كَانَ يُسَلِّمُ عَنْ يَمِينِهِ وَعَنْ يَسَارِهِ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ
Bahwa nabi mengucapkan salam ke
kanan dan ke kirinya: Assalamu ‘Alaikum wa Rahmatullah Assalamu ‘Alaikum
wa Rahmatullah. (HR. At Tirmidzi No. 295, katanya: hasan shahih)
Imam At Tirmidzi mengatakan:
والعمل عليه عند أكثر
أهل العلم من أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم ومن بعدهم وهو قول سفيان الثوري وابن
المبارك وأحمد وإسحق .
Hadits ini diamalkan oleh
kebanyakan ulama dari kalangan sahabat Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan
generasi setelah mereka, dan ini adalah pendapat Sufyan Ats Tsauri, Ibnul
Mubarak, Ahmad, dan Ishaq. (Lihat Sunan At Tirmidzi No. 295)
Salam seperti ini juga dilakukan
oleh Abu Bakar dan Umar Radhiallahu ‘Anhuma, sebagaimana kesaksian dari
Abdullah bin Mas’ud Radhiallahu ‘Anhu. (Imam An Nasa’i, As Sunan Al Kubra No.
1242)
Ketiga.
Lafaz salam yang paling singkat: As Salamu ‘Alaikum
Dari Jabir bin Samurah, katanya:
Dari Jabir bin Samurah, katanya:
كنا نصلي خلف النبي
صلى الله عليه وسلم فقال: (ما بال هؤلاء يسلمون بأيديهم كأنها أذناب خيل شمس إنما يكفي أحدكم أن
يضع يده على فخذه ثم يقول:
السلام عليكم السلام عليكم)
رواه النسائي وغيره وهذا لفظه.
“Kami shalat di belakang Nabi
Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, dia bersabda: “Kenapa mereka mengucapkan salam
sambil mengisyaratkan tangan mereka, tak ubahnya seperti kuda liar!
Cukuplah bagi kalian meletakkan tangannya di atas pahanya, lalu
mengucapkan: Assalamu ‘Alaikum, Assalamu
‘Alaikum. “ (HR. An Nasa’i No. 1185, dan lainnya, dan ini
adalah lafaz darinya. Dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahih wa Dhaif
Sunan An Nasa’i No. 1185)
Hadits yang seperti di atas juga
diriwayatkan imam lainnya –juga dari Jabir bin Samurah- dengan lafaz
yang sedikit berbeda. (HR. Muslim No. 431, Ath Thahawi dalam Syarh
Ma’anil Atsar No. 1486, Abu ‘Uwanah dalam Musnadnya No. 2057, Ibnu
‘Asakir dalam Al Mu’jam No. 801, dll)
Cara salam seperti ini juga
dilakukan oleh Ali bin Abi Thalib. (Mushannaf Abdurrazzaq No. 3131,
Ma’rifatus Sunan Lil Baihaqi No. 978, Kanzul ‘Ummal No. 22380), Abdurrahman bin
Abi Laila (Mushannaf Ibnu Abi Syaibah No. 3077), dan lainnya.
Makasih informasinya. Saya jadi terbantu
BalasHapusAss..Mau tanya .jika merendahkan nada bacaan salam yg ke 2 itu gimana hukumnya??
BalasHapusAss..Mau tanya .jika merendahkan nada bacaan salam yg ke 2 itu gimana hukumnya??
BalasHapus